Senin, 17 Oktober 2016

KURANGNYA KESADARAN MAHASISWA TERHADAP KEBERSIHAN TOILET




KURANGNYA KESADARAN MAHASISWA TERHADAP KEBERSIHAN TOILET



Kampus adalah tempat menimba ilmu sebanyak-banyaknya dan bahkan hampir setiap hari kegiatan mahasiswa dilakukan di kampus mulai dari kuliah,mengerjakan tugas kelompok,mencari bahan untuk tugas,bimbingan bagi mahasiswa semester akhir,kegiatan organisasi,menunggu teman atau menunggu kuliah berikutnya dan masih banyak lagi kegiatan mahasiswa yang mereka lakukan di kampus.
Dengan banyaknya kegiatan mahasiswa yang dilakukan di kampus tentunya diharapkan bagi pihak kampus untuk memberikan fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan yang banyak tersebut mulai dari fasilitas perkuliahan sampai fasilitas pendukung,salah satunya yaitu toilet.
Untuk permasalahan di atas,dapat kita lihat  penyebab toilet tidak bersih dan menimbulkan bau yang mengganggu.Karena banyaknya mahasiswa yang menggunakan toilet dan tidak segera dibersihkan oleh petugas sehingga toilet menjadi bau,hal ini dikarenakan ada beberapa mahasiswa yang tidak bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya,sering saya melihat di salah satu fakultas yang saya jadikan tempat penelitian yaitu fakultas teknik,di gedung iqra lantai 3sangat memprihatinkan ketika saya hendak masuk untuk mengambil air wudhu.
Dengan melihat kondisi toilet yang tidak bersih dan menimbulkan bau yang tidak sedap dikarenakan dua faktor yaitu:
1.        Kurangnya perhatian dari pihak kebersihan karena menganggap hal tersebut masalah sepele.
2.        Kurangnya kesadaran mahasiswa untuk menjaga kebersihan toilet yang digunakan bersama.
Dari kedua faktor diatas dapat diatasi dengan cara bekerjasama antara petugas kebersihan dan mahasiswa sehingga toilet yang kita gunakan bersama akan menjadi bersih setiap saat sehingga kita dapat terhindar dari masalah penyakit akibat bakteri yang ada di toilet.
Selain itu solusi yang dapat kita lakukan untuk menjaga kebersihan toilet yaitu:
1.        Petugas kebersihan kampus seharusnya membersihkan secara keseluruhan mulai dari membersihkan bak penampung air,WC,dan lantainya secara rutin minimal satu kali dalam seminggu.
2.        Mahasiswa yang menggunakan toilet harus ikut menjaga kebersihan toilet.
3.        Di setiap toilet diberikan tempat sampah.
4.        Sebagai mahasiswa yang terpelajar dan peduli terhadap kebersihan sebaiknya menempelkan slogan tentang kebersihan di depan pintu toilet untuk menjaga kebersihan toilet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar