Rabu, 19 Oktober 2016

AKTIVITAS YANG DILAKUKAN MAHASISWA KETIKA DOSEN TIDAK HADIR



 
Ketika dalam perkuliahan kadang kalang dosen tidak hadir dikelas padahal sudah berjanji akan datang memberikan perkuliahan disinilah masiswa merasa di Bohongi atau dengan kata lain pemberian harapan palsu (PHP). Hal demikian itu tentunya merugikan mahasiswa akan tetapi mahasiswa akan lebih rugi bila mana melakukan aktivitas yang sia-sia dan atas landasan ini penulis membuat artikel ini bukan untuk berargumen jelek tentang mahasiswa pada umumnya akan tetapi penulis mencoba menggambarkan tentang aktivitas mahasiswa ketika dosen tidak hadir.
Dari pengamatan penulis di salah satu ruangan di kampus ketika dosen tidak hadir dikelas ternyata banyak sekali aktivitas yang dilakukan mahasiswa seperti: main HP (medsos), mendengarkan musik, tidur, menulis dipanpan tulis, Gosip, baca buku, bengong entah apa yang dipikirkan.
Pengamatan penulis tentang hal-hal yang dilakukan mahasiswa ketika dosen tidak hadir penulis mencoba mewawancarai 3 orang mahasiswa tentang apa yang dilakukan ketika dosen tidak hadir. Berikut ini jawaban ketiga dari mahasiswa tersebut:

Hilmawan: “saya biasanya main game dan merokok

Rahma : “Dikampus ketika dosen tidak hadir kadang saya membaca buku, masuk perpustakaan, bercanda dengan teman kelas.”

Kumalasari: “mahasiswa ketiga : saya main Hp, bercerita dengan teman.”

Dari hasil wawancara diatas menggambarkan bahwasanya mahasiswa melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat, namun penulis tidak sampai dari hasil wawancara langsung guna memastikan dan mencari tahu aktivitas apa yang sering dilakukan mahasiswa ketika dosen tidak hadir dengan memanfaatkan media social (BBM) untuk bertanya kepada Mahasiswa dengan berbagai jurusan. Berikut ini jawaban atau tanggapan mahasiswa dari berbagai jurusan :

1.    “Palingan saya share bikin status dosennya PHP dan pulang kerumah hahaha..”
2.    “kabur keorganisasi untuk menunggu dosen berikutnya”
3.    “Selfi-selfie sama teman-teman kelas don ha..ha..ha..”
4.    “saya tinggalkan kelas dan pergi selaisaikan agenda yang lain.”
5.    “belajar (baca buku matakuliah bersangkutan atau paling tidak diskusi bareng”
6.    “paling gosip atau balik kekost masing-masing”
7.    “tidur, cetita, main HP”

Dari hasil mengumpulkan data tentang aktivitas mahasiswa lewat BBM banyak sekali aktivitas yang dilakukan mulai dari bikin status, selfi, main HP, tidur, baca buku, gosip, dan lain-lain. Jadi dapat disimpulkan kebanyakan aktivitas mahasiswa ketika dosen tidak hadir melakukan hal yang sia-sia atau membuang-buang waktu yang begitu berharga walaupun tidak semua mahasiswa melakukan hal-hal yang demikian.

Menurut pendapat penulis bahwasanya penyebab mahasiswa melakukan hal-hal tersebut karena tidak ada rasa tanggung jawab atau membiarkan mahasiswa melakukan hal-hal tersebut dengan kata lain tidak diberikan tugas atau aktivitas yang bermanfaat ketika dosen yang bersangkutan tidak hadir, penyebab yang kedua adalah mahasiswa kurang sadar bahwa materi atau ilmu bisa diper oleh dari sumber lain bukan hanya dosen tetapi dapat diperoleh dengan membaca buku atau internet dengan begitu ada atau tidak ada dosen mahasiswa tetap bisa belajar apakah dengan membaca buku atau internet serta berdiskusi dengan teman kelas.
Sebagai mahasiswa harus menjadi agen pembawa perubahan lewat aktifitas-aktivitas yang bermanfaatlah perubahan akan terjadi kearah yang lebih baik, tentunya dengan meninggalkan kebiasan-kebiasan buruk. Mudah-mudahan artikel ini bermanafaat untuk kita semua, dan mohon maaf bila ada kehilifan dalam penulisan artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar